KUALIFIKASI

Kualifikasi Umum - Kualifikasi Khusus - Kualifikasi Teknis

Persyaratan Umum
1. Berusia maksimal 55 tahun / belum berulang tahun ke 56 saat mendaftar untuk menjadi direksi.
2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia dan taat kepada Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.
4. Tidak terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan pengkhianatan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5. Sehat Jasmani dan Rohani.
6. Tidak Pernah Melakukan Kegiatan yang merugikan Negara atau Tindakan-tindakan yang tercela dibidang perbankan.
7. Tidak dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan.
Persyaratan Khusus
1. Pendidikan formal paling rendah S1, lebih diutamakan S2.
2. Memenuhi persyaratan integritas, reputasi keuangan, kompetensi dan persyaratan lain sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.[See more...]
a. Persyaratan integritas meliputi:
1) Cakap melakukan perbuatan hukum, pengertian cakap melakukan perbuatan hukum mengacu pada kitab undang-undang hukum acara perdata (KUHAP).
2) Memiliki akhlak dan moral yang baik, antara lain ditunjukkan dengan sikap mematuhi ketentuan yang berlaku, termasuk tidak pernah dihukum karena terbukti melakukan tindak pidana dalam jangka waktu tertentu sebelum dicalonkan.
3) Memiliki komitmen untuk mematuhi peraturan perundang-undang yang berlaku dan mendukung kebijakan otoritas jasa keuangan.
4) Memiliki komitmen terhadap pengembangan operasional Bank yang sehat.
5) Tidak termasuk sebagai pihak yang dilarang untuk menjadi pihak utama antara lain calon yang masuk dalam daftar tidak lulus (DTL).
b. Persyaratan reputasi keuangan paling sedikit dibuktikan:
1) Tidak memiliki kredit dan/atau pembiayaan macet.
2) Tidak pernah dinyatakan pailit dan tidak pernah menjadi pemegang saham, anggota direksi, anggota dewan komisaris atau yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perseroan dinyatakan pailit berdasarkan ketetapan pengadilan dalam waktu 5 (lima) tahun terakhir sebelum dicalonkan.
c. Persyaratan kompetensi:
1) Calon anggota direksi harus memiliki pengetahuan tentang peraturan dan operasional bank umum konvensional termasuk pemahaman tentang penerapan tata Kelola dan manajemen risiko.
2) Calon anggota direksi wajib memiliki pengalaman dan keahlian di bidang operasional perbankan. Yang dimaksud pengalaman di bidang operasional perbankan antara lain adalah pengalaman di bidang operasional, pemasaran, akuntansi/keuangan, audit, pendanaan, perkreditan, pasar uang, pasar modal, hukum atau pengalaman di bidang pengawasan Lembaga jasa keuangan/perbankan.
3) Calon anggota direksi diutamakan memiliki pengetahuan dalam operasional dan/atau IT Bank umum.
4) Calon anggota direksi harus memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan strategis dalam rangka pengembangan bank yang sehat. Yang dimaksud dengan kemampuan untuk melakukan pengelolaan strategis antara lain kemampuan mengantisipasi perkembangan perekonomian, keuangan dan perbankan, kemampuan menginterpretasikan Visi, Misi Bank serta analisis situasi industri perbankan, kemampuan menggali potensi Perbankan Daerah.
d. Persyaratan lainnya dan persyaratan lain sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
1) Mematuhi ketentuan otoritas jasa keuangan tentang tata Kelola bank umum bahwa:
I. Anggota direksi dilarang merangkap jabatan sebagai anggota direksi, anggota dewan komisaris atau pejabat eksekutif pada bank, perusahaan dan/atau Lembaga lain.
II. Anggota direksi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama dilarang memiliki saham lebih dari 25% (dua puluh lima persen) dari modal disetor pada perusahaan dan/atau Lembaga lain.
III. Mayoritas anggota direksi dilarang saling memiliki hubungan keluarga sampai derajat kedua dengan sesama anggota direksi dan/atau dengan anggota dewan komisaris.
IV. Yang dimaksud dengan hubungan keluarga sampai dengan derajat kedua adalah hubungan baik vertikal maupun horizontal termasuk mertua, menantu dan ipar.
2) Bersedia mengikuti seluruh tahapan proses seleksi (proses awal s.d proses akhir) dan pencalonan serta tidak akan mengajukan tuntutan dan gugatan kepada Bank Lampung dalam bentuk apapun terhadap hasil proses seleksi dan pencalonan.
Persyaratan Teknis
1. Memiliki pengetahuan tentang peraturan dan operasional Bank Umum Konvensional, termasuk pemahaman tentang penerapan Tata Kelola dan Manajemen Risiko;
2. Diutamakan memiliki pengalaman dan keahlian di bidang operasional Bank Umum dan IT;
3. Paling rendah sebagai Pejabat Eksekutif sekurang-kurangnya pada Bank BUKU 2 dengan masa tugas minimal 5 tahun;
4. Harus memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan strategis untuk pengembangan bank yang sehat;
5. Diutamakan memiliki kemampuan teknis di bidang IT (Hardware, Software, IT Security, Network) dan pengalaman proyek pengembangan IT;
6. Wajib memiliki Bukti Sertifikasi Manajemen Risiko level 4 saat mendaftar dan Level 5 pada saat fit and proper OJK.
7. Memiliki Rekam Jejak yang Baik dan bersedia menyampaikan dokumen tersebut dari lembaga tempat bekerja sebelumnya.
8. Mempunyai komitmen untuk menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik sampai akhir periode jabatan.
1. Permohonan lamaran dengan melampirkan :
a. Scan pas foto terbaru ukuran 4x6 berwarna dengan latar belakang putih;
b. Scan tanda pengenal (KTP);
c. Scan CV sesuai format Lampiran huruf F (dokumen persyaratan sesuai SEOJK No 39 /SEOJK.03/2016 tentang FNP Calon Direksi dan Komisaris Bank Umum);
Catatan: pada kolom bulan dan tahun periode bekerja harus dilengkapi untuk masing-masing posisi jabatan secara berurutan tanpa jeda waktu terlewati. (*penjelasan mengenai pengalaman sebagai Pejabat Eksekutif sesuai POJK)
d. Scan sertifikat manajemen risiko sesuai jabatan yang dituju. Dalam hal terdapat terdapat sertifikat lainnya seperti sertifikat SESPI Bank atau sertifikat profesi lainnya dalam waktu lima tahun terakhir agar dapat disampaikan;
e. Surat Keterangan pengalaman sebagai Pejabat Eksekutif atau Pengurus Bank dari tempat asal bekerja atau bentuk bukti lainnya;
2. Waktu pendaftaran dibuka mulai Rabu, 22 Juni s/d Senin, 3 Juli 2022;
3. Bagi pelamar yang dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi, untuk menyiapkan paper dan materi presentasi dengan tema “Strategi Pengembangan Operasional dan IT Bank Lampung”;
4. Bagi pelamar dari luar kota yang hadir dalam presentasi paper dan wawancara di Kantor Pusat Bank Lampung, menggunakan biaya pribadi;
5. Seluruh berkas lamaran diunggah dalam laman https://e-recruitment.or.id/banklampung
1. Hanya pelamar terbaik yang memenuhi persyaratan yang akan diikutsertakan dalam proses seleksi selanjutnya. Seluruh berkas lamaran akan menjadi milik panitia seleksi dan tidak dapat diminta kembali;
2. Pendaftaran tidak dipungut biaya dan keputusan panitia seleksi tidak dapat diganggu gugat;
3. Keseluruhan tahapan seleksi dan asesmen harus diikuti oleh seluruh calon pelamar. Ketidakikutsertaan dalam salah satu tahapan menjadikan calon pelamar tersebut dinyatakan mengundurkan diri;

Proses Seleksi

Registrasi

Online

22 Juni - 3 Juli 2022
Seleksi

Administrasi

3 - 9 Juli 2022
Pembuatan

Makalah & Interview

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pastikan alamat yang diketikan adalah link di bawah ini:
https://e-recruitment.or.id/banklampung
Persiapkan waktu untuk mendaftar agar tidak terlalu dekat dengan batas akhir pendaftaran. Semakin dekat dengan batas akhir pendaftaran, akses website akan semakin meningkat dan dikhawatirkan lebih sulit dijangkau.

Tidak disarankan menggunakan handphone, untuk mendaftar disarankan menggunak laptop/komputer.

Kualifikasi background Pendidikan dilihat dari Program Studi yang tertera untuk masing-masing posisi.

Silahkan email ke rekrut.banklampung@gmail.com dengan menyampaikan permasalahan yang dialami.

Proses seleksi yang akan dilakukan antara lain :
Registrasi Online, Seleksi Administrasi dan Wawancara Teknis Perbankan.

Bank Lampung akan memberikan nomor registrasi melalui e-mail yang diinput oleh pelamar. Harap menyimpan nomor registrasi yang akan selalu digunakan selama proses seleksi. Bank Lampung tidak pernah meminta untuk memberikan nomor registrasi atau password kepada pelamar. Jangan pernah membagikan nomor registrasi atau password Anda. Harap pastikan e-mail dan nomor handphone yang dihubungi aktif selama proses seleksi.

Lamaran hanya diterima melalui laman website https://e-recruitment.or.id/banklampung . Lamaran melalui e-mail, pos, atau kurir tidak akan diterima.

Mohon gunakan laptop dan Google Chrome versi paling update. Apabila sudah menggunakan laptop dan Google Chrome versi update namun masih menemui kendala blank page, silakan dapat clear cache terlebih dahulu kemudian dapat diakses kembali ke website tersebut. Jika kedua langkah tadi sudah dilakukan namun masih menemui kendala, silakan menghubungi kami dengan mengirimkan bukti screen capture blank page ke e-mail rekrut.banklampung@gmail.com.

Silakan melakukan pengecekan pada bagian Spam e-mail. Jika tidak ada, silakan dapat menghubungi kami melalui e-mail rekrut.banklampung@gmail.com.

Jam sibuk biasanya terjadi mulai pukul 09.00 s/d 15.00, sehingga meningkatkan risiko terjadi kendala baik pengisian data maupun pengunggahan dokumen pada jam tersebut. Silakan mencoba menyesuaikan kembali waktu pendaftaran, pastikan data terisi dengan benar, dan terdapat nomor registrasi yang dikirimkan melalui e-mail. Kami juga menghimbau untuk melakukan pendaftaran sesegera mungkin karena akses website yang makin meningkat mendekati waktu penutupan pendaftaran akan makin meningkatkan risiko terjadi kendala.

Hubungi Kami

Silahkan kunjungi kami di alamat berikut ini

-->

rekrut.banklampung@gmail.com